Cara Setting Tenda O3 Sebagai Acces Point

Cara Setting Tenda O3 Sebagai Acces Point

1. Silahkan anda siapkan kabel LAN yang cukup panjang sesuai dimana anda akan menempatkan router ini 5, 10, 15 atau 20 meter. Kami menyarankan untuk membeli kabel LAN yang outdoor karena akan dipasang di luar ruangan.
2. Kemudian silahkan pasang pada PoU injector dengan kabel LAN sebagai berikut pada gambar, yang satu anda tancapkan ke Router dan yang satu ke modem internet.
3. Kemudian koksikan laptop anda ke wifi tenda, lalu akses dengan browser dengan mengetik IP 192.168.2.1 maka akan muncul tampilan login. Untuk login gunakan password default username : admin dan password : admin
4. Setelah login akan masuk pada Quick Set-up lalu pilih AP dan klik Next

5. Pada tampilan selanjutnya silahkan anda isi :
SSID : Nama Wifi Anda
Channel : Pilih Auto saja
Security mode : WPA2-PSK
Encryption Algorithm : Pilih AES
Password : Isikan password wifi anda nanti

Lalu klik Next dan pilih Save, maka sistem router akan rebot
5. Lalu kemudian login kembali, untuk bisa mengaksesnya silahkan anda setting komputer anda dengan IP 192.168.2.6
6. Maka Router sudah bisa digunakan dan silahkan anda koneksikan kepada SSID yang sudah anda setting tadi.

Cara Mengatur Pengguna

Untuk melakukan kontrol terhadap pengguna anda bisa mengaturnya di Wireless Acces Control, Anda bisa mengatur pengguna mana yang boleh mengakses wifi anda dan yang tidak boleh dengan menggunakan MAC Address, apa itu MAC address dan bagaimana untuk melihatnya pada perangkat HP dan komputer silahkan anda lihat pada postingan ini.

Untuk Mengatur Ulang Password Login Tenda O3

Penting untuk mengatur ulang password pada login, mengapa? karna kawatir pengguna yang bisa mengakses router anda bisa mengacak ngacak settingan anda. Walaupun anda bisa melakukan reset namun alangkah baiknya dengan keamanan dan kelancaran bisnis wifi anda sebaiknya atur ulang sandi. Untuk mengaturnya silahkan masuk ke menu Tool.


Demikianlah Cara setting Tenda O3 sebagai Acces Point, Secara kesimpulan setelah hampir satu bulan saya menggunakan cukup lumayan power full cukuplah untuk kalangan pebisnis wifi dengan lingkup yang kecil dan harganya juga sangat murah. Anda bisa melengkapi untuk mengatur pengguna agar lebih maksimal bisa menggunakan mikrotik.

Comments