Modif DataBase Aplikasi Jibas


pasti masih banyak yg bertanya, Kenapa ya gak bisa menggunakan phpmyadmin di jibas ?
padahal udah utak-atik ini itu supaya bisa akses ke DB-nya ..
saya juga merasakan hal sama..udah berhari-hari instal ulang jibas di kompi server yayasan tempat saya bekerja...dan akhirnya saya menemukan cara untuk bisa masuk ke DB-nya jibas menggunakan phpmyadmin.

Kenapa saya ingin share tutorial ini ? Karena saya ingin...
"bisa mengembangkan Jibas lebih baik lagi"
dan tutorial ini masih bersangkutan dengan Thread http://www.jibas.net/forum/viewtopic.php?f=9&t=93

**kepada Admin, sebelumnya saya minta maaf apabila tutorial ini sangat mengganggu..
**kepada pengguna jibas, TOLONG MANFAATKAN TUTORIAL INI DENGAN SEBAIK-BAIKNYA, TANPA HARUS MERUSAK SISTEM YG TELAH DIBUAT OLEH KAWAN-KAWAN DEVELOPER JIBAS..
**Jangan pernah meng-ONLINE-kan JIBAS sebagai alasan untuk menunjukan bahwa server lokal anda bisa diakses lewat internet !! takut Dikarenakan para hacker merusak DB jibas yg ada, sehingga bisa merusak semua data-data yang telah anda buat !!! (kalo gak ngerti, bisa tanyakan ke saya)

Okeh, apabila anda menyetujui kesepakatan di atas kita akan langsung praktek ;)
sebelum melakukan tutorial ini, alangkah baiknya anda mem-BACKUP dulu Jibasnya (jaga2 aja..takut2 ada kesalahan yg membuat DB nya rusak)


ini dia tutorialnya...
1. Update Jibas anda ke versi yg terbaru
2. Matikan Apache dan Mysql
3. Download File phpmyadmin di : http://ncu.dl.sourceforge.net/project/phpmyadmin/phpMyAdmin/3.5.1/phpMyAdmin-3.5.1-all-languages.7z <-- alt=":ugeek:" download="" file="" img="" ini="" saya="" src="http://www.jibas.net/forum/images/smilies/icon_e_ugeek.gif" title="Uber Geek" yg="">
4. Extract File phpMyAdmin-3.5.1-all-languages.7z, dan rename foldernya menjadi "phpmyadmin"
5. pindahkan folder phpmyadmin ke : C\YIM\JIBAS\xampp\
6. buka file "config.default.php" dengan notepad (File berada di "C:\YIM\JIBAS\xampp\phpMyAdmin\libraries\")
7. cari code $cfg['Servers'][$i]['port'] = ' '; kemudian ganti menjadi $cfg['Servers'][$i]['port'] = '3434'; kemudian save
8. Nyalakan kembali Apache dan Mysql nya
9. buka Webbrowser anda, kmudian ketik di address bar : http://localhost/phpmyadmin/
10. masukan username : root dan password : kebersamaan
11. dan..viola...sekarang phpmyadmin bisa diakses, dan anda bisa melihat isi dari DB jibas..
**kalau ada pertanyaan, tanyakan disini, saya tidak menerima pertanyaan melalui PM atau e-mail
Sekian tutorial dari saya...
Belamat bekerja..

sumber:http://www.jibas.net/forum/viewtopic.php?f=9&t=447

Comments