Cara Mengatasi Radio Ubiquiti (Ubnt) Reset Default Sendiri


Ubiquiti merupakan sebuah perangkat radio yang paling banyak digunakan oleh para administrator jaringan. Terutama para administrator yang gemar menggunakan jaringan wireless. Disamping cara pemasangan dan penggunaan yang sederhana, mudah dan tidak ribet, perangkat Ubiquiti atau sering dikenal dengan sebutan UBNT ini juga sangat fleksibel karena dalam penggunaan di lapangan, perangkat Ubiquiti ini mampu menggantikan koneksi kabel yang umumnya cukup ribet saat pemasangan atau installasi.


Permasalahan

Namun beberapa minggu yang lalu ada masalah yang sebelumya belum pernah admin tutorialengkap alami, dimana perangkat radio Ubiquiti ini mengalami reset default dengan sendirinya. Alhasil beberapa pengaturan yang telah admin setting sebelumnya pun hilang, seperti pengaturan IP addsess Static, pengaturan alamat DNS dan lain sebagainya juga ikut hilang karena perangkat Ubiquiti ini telah kembali ke pengaturan pabrik.

Akhirnya admin melakukan setting ulang pada perangkat Ubiquiti dengan pengaturan yang disesuaikan dengan settingan jaringan di area kerja admin, namun beberapa saat kemudian kejadian Ubiquiti ter-reset ke pengaturan default ini terjadi lagi dan lagi.

Setelah admin tutorialengkap amati ternyata kejadian Ubiquiti ter-reset default dengan sendirinya ini terjadi saat listrik padam, kemudian dinyalakan dengan Genset. Kemudian admin mencoba mencari tau di beberapa artikel di internet dan admin menemukan artikel milik blog cikalmerdeka yang mengatakan bahwa
“Ubiquiti mengalami reset default dengan sendirinya karena terjadinya konsleting antar kabel warna putih coklat dan putih biru. Kabel warna jalur ini adalah untuk memang untuk reset, hal ini biasanya terjadi karena kabel basah atau kemasukan karena hujan.”
Dan ternyata memang benar, ternyata Perangakat Radio Ubiquiti akan secara otomatis melakukan reset default jika ada kelebihan beban voltase listrik.
Hal ini sangat cocok dengan yang terjadi dilapangan, mungkin karena peralihan antara listrik dari pln yang tiba-tiba padam trus ganti ke listrik dari genset, sehingga Ubiquiti secara otomatis melakukan reset default.


Solusi

Cara Mengatasi Perangkat Ubiquiti Reset Default Dengan Sendirinya

Nah untuk mengatasi Permasalahan Radio Ubiquiti mengalami reset default dengan sendirinya tersebut ada sebuah alternative yang dapat kita lakukan, yaitu dengan melakukan settingan pada mode GUI di perangkat Ubiquiti.

Untuk melakukanya, silahkan login ke Mode GUI Ubiquiti, kemudian masuk ke menu System, Kemudian, silahkan hilangkan tanda centang atau tanda ceklist pada pilihan Reset Button. Agar lebih jelas dan mudah dipahami, silahkan lihat gambar contoh berikut.
Tutorialengkap Mengatasi Ubiquiti Sering Kembali ke pengaturan Default dengan Sendirinya

Dengan menghilangkan tanda ceklist atau tanda centang pada mode reset button, maka kita telah menghilangkan fungsi dari tombol reset yang ada di perangkat keras atau tombol fisik dari radio Ubiquiti (ubnt) dan juga tombol reset yang ada di POE adapter.

Oleh karena itu, jangan sampai anda lupa username dan password login ke perangkat Ubiquiti anda karena tombol reset telah dinonaktifkan.

Itulah cara mengatasi radio Ubiquiti melakukan reset default dengan sendirinya. Cara yang admin tutorialengkap bagikan disini telah admin buktikan sendiri dimana sebelumnya hamper setiap hari Ubiquiti mengalami reset default sendiri, dan setelah menghilangkan tanda centang pada reset button, sampai saat ini sudah hamper satu bulan sudah tidak terjadi lagi permasalahan ubiquiti melakukan reset default sendiri seperti sebelumnya.

Itulah pengalaman yang dapat admin bagikan untuk saat ini, mungkin jika anda memiliki solusi yang lebih mudah, anda dapat mencantumkan kedalam kolom komentar yang tersedia. Atau jika anda memiliki pertanyaan septutar ubiquiti, silahkan sampaikan juga ke kolom komentar ya…
Terimakasih telah berkunjung, semoga bermanfaat dan sampai jumpa pada tutorial berikutnya.

sumber:https://www.tutorialengkap.com/2018/11/cara-mengatasi-radio-ubiquiti-ubnt-reset-default-sendiri.html

Comments