Cara memperbaiki Error establishing a database connection pada CMS Wordpress

Anda punya situs website dar Wordpress dengan trafik tinggi ? dan tiba-tiba muncul Error establishing a database connection. Bingung cara memperbaikinya ? ini berarti ada kerusakan pada database Anda. Selain itu, Anda juga akan mendapat pesan One or more database tables are unavailable. The database may need to be repaired. Perlu diingat bahwa Anda hanya akan mendapat pesan ini di back-end dan Anda akan mendapat pesan error establishing a database connection di front-end.
Cara memperbaiki Error establishing a database connection pada Wordpress salah satunya adalah sebagai berikut :
WordPress sebenarnya memiliki database repair mode yang bisa Anda gunakan. Anda hanya perlu menambahkan kode di bawah ini di bagian paling bawah file wp-config.php Anda.
Kemudian jelajahi lokasi berikut di situs WordPress: https://yourdomain.com/wp-admin/maint/repair.php . Di situ, Anda akan mendapat opsi untuk repair the database atau repair and optimize the database. Opsi repair the database tentunya bekerja dengan lebih cepat karena mereka tidak melakukan proses optimasi. Jika Anda ingin menyelesaikan proses troubleshooting ini dengan cepat, Anda bisa memilih opsi yang pertama.
Setelah Anda memperbaiki database Anda, pastikan bahwa Anda menghapus kode yang sebelumnya Anda masukkan ke file wp-config.php Anda, jika tidak siapapun bisa memperbaikinya. Jika Anda menggunakan cPanel, Anda juga bisa memperbaikinya melalui MySQL Database.
Atau Anda bisa menjalankan perbaikan melalui phpMyAdmin. Anda hanya perlu login ke phpMyAdmin, klik database, dan pilih semua tabel. Kemudian dari pilihan dropdown, klik “Repair table”. Ini sebenarnya hanyalah menjalankan command Repair Table.
Jika masalah anda masih belum teratasi juga langkah terakhir adalah dengan merestore backup file dan databasenya.

Comments