Menggunakan jaringan aman

Sebaiknya Anda ekstra hati-hati setiap kali online menggunakan jaringan yang tidak Anda ketahui atau percayai - seperti menggunakan Wi-Fi gratis di kafe lokal. Penyedia layanan dapat memantau semua lalu lintas di jaringan mereka, yang dapat termasuk informasi pribadi Anda.
Namun, jika Anda menggunakan layanan yang mengenkripsi sambungan Anda ke layanan web tersebut, ini akan lebih mempersulit seseorang untuk mengintai aktivitas Anda. Secara default, kami mengenkripsi sambungan Gmail antara komputer Anda dan Google - ini membantu melindungi aktivitas Google Anda dari intaian orang lain. Kami juga membuat perlindungan ini, yang dikenal sebagai enkripsi SSL per sesi, setelan default ketika Anda masuk ke Google Drive dan banyak layanan lainnya.
Periksa tanda-tanda tentang sambungan Anda dengan situs web ketika menjelajahi web.
Pertama, perhatikan bilah alamat di browser Anda untuk melihat apakah URL tampaknya benar. Sebaiknya Anda juga memeriksa untuk melihat apakah alamat web dimulai dengan https:// – yang menandakan bahwa sambungan Anda ke situs web dienkripsi dan lebih tahan terhadap gangguan atau intaian. Beberapa browser juga menyertakan ikon gembok di bilah alamat di samping https:// untuk mengindikasikan bahwa sambungan Anda dienkripsi dan Anda terhubung dengan lebih aman.
Ketika Anda tersambung melalui jaringan Wi-Fi publik, siapa pun di sekitarnya dapat memantau informasi yang diberikan antara komputer Anda dan hotspot Wi-Fi jika sambungan tidak dienkripsi. Hindari melakukan kegiatan penting seperti perbankan atau belanja melalui jaringan publik.
Jika Anda menggunakan Wi-Fi di rumah, Anda harus memastikan bahwa Anda menggunakan sandi untuk mengamankan router. Cukup ikuti petunjuk yang diberikan oleh Penyedia Layanan Internet atau pabrikan router untuk menyetel sandi Anda sendiri bagi router, bukan menggunakan sandi default router yang mungkin dapat diketahui penjahat. Jika penjahat dapat mengakses router Anda, mereka dapat mengubah setelan Anda dan mengintai aktivitas online Anda.
Terakhir, Anda juga harus memastikan untuk mengamankan jaringan Wi-Fi rumah Anda sebagai lapisan keamanan tambahan sehingga orang lain tidak dapat menggunakannya. Ini artinya menyiapkan sandi untuk melindungi jaringan Wi-Fi Anda - dan layaknya sandi lain yang Anda pilih, pastikan Anda memilih kombinasi angka, huruf, dan simbol yang unik dan panjang sehingga orang lain tidak dapat menebak sandi dengan mudah. Anda harus memilih setelan WPA2 ketika mengonfigurasikan jaringan untuk perlindungan lebih lanjut.

Comments